Beautiful Darkness

11 TIPS FITNESS TERBAIK UNTUK MEMBANGUN OTOT TUBUH ANDA

Salah satu aspek terbaik dari rutinitas harian anda adalah menerapkan fokus didalam latihan, ini merupakan tujuan kebugaran pribadi anda. Ini adalah sesuatu yang sudah saya bahas sebelumnya didalam artikel terakhir, tetapi kali ini saya akan lebih memperluasnya untuk anda.

Anda harus hati-hait dalam memilih waktu latihan, kombinasi teknik dan makanan ringan yang tepat pasca sesudah latihan agar dapat memaksimalkan latihan anda dalam membangun otot tubuh. Berikut ini adalah 11 tips latihan fitness terbaik untuk membangun otot tubuh yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah :

1. Berolahragalah di waktu dan hari yang tepat

Waktu dan hari yang anda pilih untuk berolahraga di tempat gym dapat membuat semua perbedaan ketika anda datang untuk mengeluarkan potensi maksimum anda. Menurut Dr. Stuart Mc Gill, beliau adalah seorang pakar dalam sakit punggung, anda harus menghindari mengerjakan hal pertama di pagi hari. Hal ini karena cakram diantara tulang anda dipenuhi cairan selama anda tidur sehingga membuat anda lebih rentan terhadap cedera di pagi hari.

2. Mengambil latihan beban sebelum kardio.

Berdasarkan pemikiran di balik Dumb Little Man, “Pelatih, atlet dan binaragawan yang serius melakukan beban dengan cara seperti ini akan mengalami: detak jantung anda akan naik ketika anda mengangkat beban, dan tubuh anda akan melakukan pembakaran lemak. Melakukan sebaliknya berarti otot-otot anda sudah lelah pada saat anda akan melakukan latihan beban”.

3. Makan lebih sering (dan jangan lupa mengkonsumsi makanan berkalori tinggi)

Anda dapat menjaga energi dan memberikan asupan mineral penting sebagai bahan bakar tubuh anda untuk membangun otot dengan mengkonsumsi makanan kecil setiap 3 jam atau lebih. Pastikan anda mengkonsumsi protein dengan lebih, jumlah protein yang ideal dalam hitungan gram setara dengan berat badan anda saat ini dalam hitungan pound. Misalnya, seorang pria yang memiliki berat badan 150 pound diharuskan mengkonsumsi 150 gram protein perhari.

Pakar Diet dan Kebugaran yaitu Dr. Melina Jampolis menambahkan, “Tubuh anda dapat membangun paling banyak sekitar ½ pound otot setiap minggunya, jadi jika anda telalu banyak mengkonsumsi kalori ekstra guna membangun lebih banyak otot, maka anda akan mendapatkan lemak juga. Saya sangat menyarankan anda untuk mengkonsumsi 250 sampai 500 kalori tambahan perhari”.

4. Mengkonsumsi cemilan setelah anda menjalani latihan fitness

Menurut Nancy Clark, M.S., R.D., seorang pakar senior ahli gizi dan olahraga di Healthworks Fitness Center di Chestnut Hill, Massachusetts, cemilan yang mengandung protein harus dikonsumsi dalam waktu 15 menit setelah anda menjalani latihan rutin. “Hal ini kemungkinan dapat mengoptimalkan penyembuhan cedera otot kecil yang terjadi saat anda mengangkat beban (biasanya) di tempat gym”, katanya.

“Perlu diketahui bahwa protein dapat mengenyangkan rasa lapar anda” – dan itu berarti anda tidak akan tergoda oleh makanan junk food nantinya.

Majalah kebugaran terkenal yaitu Men’s Health juga setuju dalam hal protein untuk tubuh, tetapi mereka berpendapat bahwa hal itu perlu diimbangi dengan asupan karbohidrat juga. “Walaupun anda mungkin berpikir bahwa karbohidrat akan memperlambat penurunan berat badan, sebaliknya hal ini kemungkinan bisa terjadi.

Apabila karbohidrat ditambah protein, mereka dapat membantu membangun otot tubuh (terutama jika anda makan kombo seblum dan setelah latihan) dan yang secara tidak langsung dapat meningkatkan hilangnya lemak tubuh karena otot secara metabolik adalah jaringan aktif yang membantu membakat lebih banyak kalori di sepanjang waktu”.

5. Menjaga agar tubuh anda tetap terhidrasi

Hal terakhir yang anda dapat terima setelah menjalani latihan yang rumit adalah kram atau kelelahan, sehingga anda harus minum air sebelum, selama dan setelah latihan untuk mendapatkan hasil terbaik dan menjaga agar tubuh anda tetap terhidrasi.

6. Jangan pernah melewatkan masa pemanasan (atau menenangkan diri)

Pemanasan akan mencegah otot-otot didalam tubuh anda menjadi tegang, selain itu dapat memompa darah anda dan dapat membantu menurunkan kolesterol apabila dilakukan sebagai bagian dari yoga atau meditasi secara rutin. Otot juga memerlukan perbaikan diri setelah menerima latihan yang intensif, sehingga beberapa menit pemanasan dapat membantu mereka untuk mencapainya.

7. Kombinasikan gerakan gabungan dan isolasi

Ketika mengisolasi otot adalah hal terpenting, anda perlu mencari alternatif untuk mencoba gerakan gabungan juga yang akan menargetkan beberapa kelompok otot secara sekaligus. Latihan gabungan baik untuk pemula dan untuk mengencangkan bagian-bagian tertentu dari tubuh.

Namun pakar kebugaran Mark Mc Manus berpendapat bahwa latihan gabungan memiliki sisi negatif. “Jika salah satu otot dalam kelompok bekerja cukup lemah, hal itu akan bertanggung jawab untuk menghentikan set sebelum otot-otot lain mendapatkan intensitas yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan.

Dengan melakukan gerakan gabungan, anda tidak menguatkan sisi terlemah anda. Kita ambil contoh gerakan pull-down misalnya: bisep dan lengan yang lemah akan kelelahan sebelum diberikan latihan yang lebih berat, yang berarti anda tidak sungguh-sungguh merangsang bagian tubuh yang anda inginkan ketika anda memilih latihan ini”.

8. Meningkatkan beban latihan anda secara bertahap

Ketika anda mengangkat latihan beban dengan tingkat 5% setiap minggu, maka hal tersebut otomatis akan meningkatkan berat badan anda juga. Jika anda melakukan bench-press 100 pound minggu ini misalnya, maka minggu depan anda harus mencoba mengangkan beban 105 pound. Kenaikan bertahap ini akan memberikan hasil terbaik seperti membangun otot tanpa terlalu melelahkan tubuh anda.

9. Mengatur jumlah anggaran waktu yang tepat untuk latihan anda

Tim di Muscle Hack berpendapat bahwa waktu adalah esensi ketika anda merencakan latihan. “Anda tidak harus melatih untuk lebih lama dari 1 jam pada satu waktu”, kata mereka. “Pada akhir hari, jika anda tidak bersedia untuk menghabiskan 1 jam di tempat gym, anda tidak punya pola piki yang baik untuk sukses”.

10. Membangun tubuh secara keseluruhan dan mendapatkan tubuh Estetik

Apakah anda selama ini latihan sangat keras guna melihat six-packmu? Namun ternyata terdapat hal lain yang perlu diseimbangkan.

Ketika anda latihan sangat keras untuk mencapai dan mendapatkan tubuh six-pack, anda mungkin akan memuji otot perut anda secara keseluruhan, namun saya sarankan anda harus memiliki tampilan yang seimbang. Mengapa anda tidak mengambil kesempatan membangun kelompok oto lainnya dan menciptakan penampilan yang terbaik?

Saya akan memberikan saran terbaik didalam poin ini dan mengatakan kepadamu bahwa anda harus mempertimbangkan melatih kelompok otot lainnya. Pastikan hal ini tidak anda tinggalkan sedikitpun dari pola latihanmu. Dapatkan tubuh yang “estetik”.

11. Ingat, selalu narsis

Anda tidak perlu heran lagi untuk tips yang terakhir ini. Tentu saja yang saya maksudkan disini adalah narsis. Narsis dilakukan agar anda dapat melihat perkembangan dengan berdiri dan mengambil foto di depan cermin. Dengan cara ini, anda dapat memperbaiki postur tubuh anda dan pastikan anda semakin termotivasi untuk membangun otot-otot tubuh. Pola latihan yang benar akan memaksimalkan hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *